06 July 2008

35.Nasi Jinggo - SOP Ceker - Nasi Pedes di BALI


Banyak orang yg bukan asli bali pasti bingung ketika ditanyain," uda pernah makan nasi jinggo blm?". " apaan tuh??" pasti selalu begitu..itu buat yg ga pernah denger..hehe..aku juga penasaran banget ketika dibali kemaren.. yg mana seh judulnya nasi jinggo tuh..hehe.. :)


nasi jinggo bisa kita jumpain disetiap pinggir jalan sekitaran denpasar, atau raya kuta.. satu bungkus nasi jinggo berbeda harganya di masing-masing warung.. berkisar dari Rp.1.500 - 2.500/bungkus.. nasi jinggo itu tidak jauh beda dengan yg namanya Nasi Perang(sumatera) atau Nasi Kucing(Jawa).. isinya secuil nasi uduk/nasi putih, dikasi suwiran daging ayam dan mie sedikit(kdg2 ada serondengnya).. nah..khasnya.. SAMBELnya bok..pedesss...!!! keknya org bali doyan yg pedes2..trus jgn pernah berharap makan nasi jinggo ini di rumah makan atau resto2 kecil gitu... nasi jinggo dijual malam hari mulai dari jam 7-8 gitu.. itu lokasinya di emperan rumah org atau toko..atau di trotoar.. trus makannya itu ada yg di lantai yg digelar karpet..atau di bangku2 kecil.. jadi makan sambil jongkok lah..haha.. :)


makan nasi jinggo itu..cm buat geli-geliin perut..haha..karena porsi yg sedikit atau aku emank makannya banyak..jadi...minimal dua bungkus juga klo akunya..pernah pecah rekor..4bks..haha..plus pop mie 2..hahaha...bengong tuh yg jualan..dan temen aku..itu juga uda kelaperan banget..haha..nasi jinggo buka dari malem ampe pagi jam 4/5..


jadi klo dibali mentok dan kehabisan duit..makan tuh nasi jinggo..haha..lumyan..nganjel perut..paling juga habisnya 10rb..uda jago tuh..uda plus teh manis hangat..wuih..(sekitaran 500-1000 doank tehnya)


trus nasi sop ceker..enak..kuahnya mantepp..isinya cuma nasi putih-kerupuk dan satu mangkok sop ceker (isinya 3-4 buah ceker ayam)..hueee...kek sop kentang seh sebenarnya.. dan murah lagi..cuma 5.000/porsi..di jalan raya kuta letaknya..kita duduk di bangku kecil dan makannya ditaruh diatas bangku yg agak tinggian..jadi bener harus duduk yg mepet gitu ama lantai..haha..dan satu lagi..makan di trotoar gitu..haha...tapi rame trus tuh..tiap malam..jgn kemalaman makannya suka cepet abis..


trus juga nasi pedes.. itu ada tiga tempat..di depan joger,di raya kuta,dan satu lagi lupa..tapi yg pny sama..namanya bu andika.. itu harganya mulai dari 7.000 keatas..sesuai dengan apa yg kita mau sebagai lauk-pauknya.. enakkk...dan tau..sambelnya MAKNYUS...Aka.PEDESSSSSS sekalii!!!!!!! cobalah..hm..oh ya..inget pake kulit ayam yg digoreng..enakkkkk....


klo buat temen2 yg stay di kuta dsktrnya.. nasi jinggo bisa dijumpain di jalan raya kuta.. atau jalannya gini.. dari legian street yg rame itu, pas simpang tiga itu sebelah kiri, dan jalan dikit, ada jalan belok ke kanan samping BCA.. disitu tuh..pusat makan murah..dan lesehan.. dari sop ceker (5.000/porsi) ama nasi pedes yg terkenal itu.. (7.000-keatas) sesuai dengan yg kita pilih menunya.. sayang sekali..fotonya sop ceker ama nasi pedes aku upload tar ya..blm ada..hehe.. :P


semuanya itu mulai jualan pukul 8 up...jadi buat yg prepare makan murah atau habis dugem di legian st..bs coba kesana.. :)


salam bali

No comments: