08 April 2008

10. LOMBOK trip tgl 07-04-08

lombok, ternyata tidak sesusah apa yang dikira orang..
perjalanan ke lombok dari bali lumayan seru dan melelahkan.. ya..biarpun lombok bukan salah satu tempat wisata yang patut atau penting banget untuk dijalanin.. ini sekilas trip perjalanan aku ke lombok tgl 07-04-08 kemaren

brgkt dari kuta jam 00.00 menuju padang bay, karena lokasi jalan yg sudah sepi, maka perjalanan ke padang bay cuma memakan waktu sekitar 1 jam, jam 1 lebih sedikit kami uda sampai di pelabuhan.. setelah beli tiket penyebrangan dengan ferry dengan harga Rp.28.000/org, km mulai bersiap2 untuk menunggu ferry yang akan brgkt ke lembar,lombok. ferry yang ditumpangi memiliki muatan yang banyak, sekitar 200org.. ada dua jenis tempat duduk dengan harga yang sama, yg satu kursi plastik dengan posisi duduk kayak di terminal, yg satu lagi kursi dengan sofa. setelah mendapatkan kursi, jam sudah menunjukkan pukul 2 pagi.. setelah mencari posisi enak untuk tiduran, sambil menunggu ferry jalan, aku pun membaca novel.. selama perjalanan yang membuat tidak enak untuk istirahat, karena ukuran bangku untuk dua org dan sangat kecil.. bisa rebahan, tp kaki musti ketekuk.. selama perjalanan 5 jam, aku bangun-tidur sekitar 5 kali..dan dengan kondisi yang sangat ga enak.. mana di ferry banyak banget kecoa.. :)

jam 6 lewat, aku mengumpulkan barang2 dan bergerak naik ke atas dek untuk meliat pemandangan yang keliatan dari ferry.. indah banget pada saat itu, tp sayang ga keliatan sunrisenya karena ketutup awan..lombok mulai keliatan dari jauh, masi ada sekitar 40 menit perjalanan menuju lombok. uda hampir sampai dan view yang bisa keliatan dari atas ferry sangat2 bagus, lombok merupakan pulau indonesia dengan gili yang banyak dan cukup gersang, ada berkisar sekitar 5-7 gili di sekelilingnya.. dari ferry kita bisa ngeliat bbrp gili, klo gili trawangan-meno-air ada di balik pulau, jadi musti kearah yg berlawanan supaya bisa melihat itu.

sampai di lembar, kami sudah dijemput, oleh pak andre dari lombok nice. sewa mobil rp.300.000rb/hari dan diantar kemana2.. mobil yang dipake mobil timor yang ga ada bersihnya sama sekali.. armada pariwisata di lombok kurang concern dengan apa yang sudah ada dan mereka tidak pernah menjaga pariwisata tersebut. kelihatan dari kondisi mobil,pelabuhan,kota, dan service dari guide tersebut..

di lombok, alat transportasi yang paling banyak bisa kita liat dan pakai adalah cidomo(sama persis seperti dokar/sado/anding) dan cidomo ini bisa berkeliaran dijalan2 besar kota, kotorannya ada kalanya juga bertebaran di jalan, ya..cukup bau kotoran kuda disana..selama perjalanan menuju bangsal untuk menuju gili trawangan, kami menyempatkan diri untuk breakfast terlebih dahulu..berhenti di sebuah rumah makan soto yang ada dideket airpot, soto di lombok rada unik, nasi,taoge,sambel,telur diiris tipis2,daging sapi dan dibanjiri dengan kuah soto yang warnanya bening..ditambah dengan tempe goreng yang bentuknya kayak pisang goreng,dan ayam goreng yang kecil dan cukup keras..lumayan, makan bertiga kena sekitar 50rb..

perjalanan ke bangsal melewati hutan pusuk, yg banyak banget monyetnya di jalan2..sampai di terminal bangsal.. supirnya menyuruhku untuk naik cidomo ke areal pelabuhan.. tarifnya Rp.10.000.. sebenarnya jarak dari terminal ke pelabuhan cukup deket.. ga sampai 500m, cuma karena adanya kesepakatan antara supir dengan cidomo2 disana.. padahal ga iya banget untuk perjalanan yg bisa jalan kaki diharuskan naik cidomo..10rb..damn kan..

sampai di koperasi bangsal, aku beli tiket public boat jurusan gili trawangan cuma 8rb/org.ke gilinya aku sendiri karena temen satu lagi kebagian inspeksi ke areal sengigi. boat baru brgkt setelah terkumpul 20org..muatan di boat beranekaragam,dari manusia, air minum, sayur,makanan2 untuk makanan turis disana.. perjalanan ke gili trawangan sekitar 40menit..sampai di gili trawangan, aku berjalan ke arah kiri.. panas terik sekali..jalan2..sendirian..kayak org oon.. ditawari paket2, hotel,bla..bla..aku berjalan sampai disatu lokasi yang uda agak sepi dan sedang dalam proses pembangunan vila..disana untuk membangun satu rumah/penginapan, pasir dan batu harus dikirim dari lombok. karena di gili trawangan tidak ada material untuk pembangunan tersebut, dan kuli2 bangunan yang kerja kebanyakan perempuan..mengangkat batu diatas kepala..

setelah mengambil foto-foto pemandangan, aku mulai berjalan kembali ke arah yang tadi.. pas di tengah perjalanan, aku ditawari untuk menyewa alat snorkel..namanya yudik,umur 28thn (08175713276) dan pak surya pemilik turis information itu (08175742377).. alat snorkel disana 25rb/all day..terserah mau pake brp lama.. dari jam 8-6 sore..trus ngobrol dan tukeran contact..aku pun snorkel ditemenin oleh yudik..karang didaerah sana sudah banyak yg mulai rusak..cukup mengecewakan karena tidak dijaga..ikannya lumayan banyak dan indah.. ada barakuda..bintang laut, dan lain2..

snorkel sekitar 2 jam, aku pun mengakhirinya dengan mengumpulkan karang2 warna-warni untuk dibawa pulank.. ketemu taring hiu yg uda patah..sambil makan,ngobrol..dengan mereka..banyak info yang keluar dari mulut mereka mengenai pariwisata di gili dan persaingannya..cukup menyedihkan..

selesai urusan disana, aku kembali menuju koperasi untuk membeli tiket penyebrangan public boat ke bangsal..balik sampai disana..aku uda ditunggu oleh mas andre dan diantar ke tempat pak wayan..sampai disana, km makan dulu dan bergegas ke pelabuhan lembar untuk kembali ke bali dengan ferry jam 7..sampai di bali jam 1 karena kapalnya brgkt jam 8an..capek..melelahkan..tp terbayar oleh keindahan yg bisa diliat di mata...

lombok..ati2 ya...cari info sebanyak2nya..karena rada membingungkan..

1 comment:

Bali Hotel said...

Liburan ke Bali tentu merupakan salah satu pengalaman berharga apalagi bila kita telah mengunjungi beberapa obyek wisata di pulai kecil ini. Banyak piliha Bali Hotels dan juga villa yang berada di Kuta, Legian, Ubud, Sanur, Nusa Dua, Seminyak, Lovina dan Candidasa.