06 April 2008

08 . Diving di Tulamben 05-04-08


diving di tulamben..???? really-really worth it..for my GOD shake.. i luph it..

setelah menempuh jarak kuta--tulamben yang lumayan jauh, +/- 3 jam.. akhirnya aku sampai di sana.. aku ke tulamben bareng dengan Pak Wayan ama Made.. mungkin karena uda lebih nyaman dive ama made, aku milih untuk ngajak dia ke tulamben buat diving.. ya,biarpun tidak terlepas dari janji2 sebelumnya..

diving disana lumayan murah, hanya dengan Rp.250.000/1hour dive dan Rp.150.000/kamera sesuka hati pake selama di air.. pertama kali, aku dikasi swimsuit untuk diganti, setelah kelar make swimsuit, aku mulai mencoba sepatu dive yang dikasi oleh operatornya. setelah prepare dengan teliti, aku mulai turun ke pantai yang kebanyakan dipenuhi oleh batu-batu, hampir tidak terlihat pasir di pantai.. duduk di tepian, aku mulai dipakaikan peralatan diving tersebut dari pemberat, tabung oksigen, regulator, etc..

turun ke air tidak dengan naik boat, karena lokasi diving yang kita tuju bisa di capai hanya dengan jalan dan pelan2 turun ke bawah, dan itu sudah kelihatan. turun di air, masih dalam kedalaman 1meter lebih, aku diinstruksikan untuk mulai memakai fin(sepatu katak) itu, bayangin aja dalam kondisi ngapung ga jelas dan body balancing yang masih sangat kacau, aku kewalahan untuk memakainya.. setelah berjuang setengah susah, made akhirnya turun tangan dan mulai memakaikan fin tersebut ke kakiku, setelah itu, aku mulai memakai masker dan menggunakan mouth piece utk bernafas menggantikan hidung yang tertutup dengan masker, selesai itu, aku disuru untuk segera bernafas dan melihat ke bawah air untuk membiasakan akunya dengan kondisi air, untungnya aku tidak kaget.. setelah uda agak bisa beradaptasi, made mulai membawaku turun ke bawah air.

hal pertama yang dikasi liat adalah ikan laut dengan ukuran kurang lebih 50cm, jujur, kaget tp karena jarak pandang yang lumayan jauh, aku masi blm kaget, ketika mulai berenang lebih jauh lagi, aku hampir saja menabrak seekor ikan yang ukurannya sangat-sangat besar, dan shock didalam air, ya, ampe lompat di air.. :P Made cuma memberi kode dengan tangan ke aku supaya jangan kaget, karena dari awal dia uda memperingatkan aku supaya tidak panik karena ikan dalam lautan tulamben jauh lebih besar daripada di nusa dua..

setelah mulai bisa menguasai diri, aku mulai dibawa turun ke areal liberty shipwreck yg terkenal itu, bentuknya sudah tidak kelihatan seperti kapal, karena banyak lempengan-lempengan yang sudah hancur, dan semua badan kapal sudah ditumbuhi oleh koral hidup.. dan itu merupakan salah satu hal yang bikin tulamben dan isi lautnya indah dan dipenuhi dengan para diver yg bener2 cari lokasi untuk dive.. di kedalaman 15 m, tekanan air di kuping sangat-sangat sakit, karena kondisi hari itu juga sangat2 kurang disebabkan oleh aku yang tidak tidur cukup sehari sebelumnya..equalizingnya tidak maksimal jadinya..

di dalam, segala jenis koral dan ikan ada.. dengan ukuran dan bentuk yang aneh2, damn..bener2 indah dan kompleks.. pengen banget kesana lagi.. hua..sayang jauh saja disana..

finally, setengah mati mencoba utk membuat body balance yg pas, akhirnya aku berhasil, tapi bisanya pas uda dikedalaman 5 m.. huahahaha...

tp kata made, aku sudah mampu mengatur nafas aku dengan baik..cuma sempet kejadian masker aku masuk air sampai ke mata.. hehehe..biarpun rada bandel akunya.. :) soalnya berenang ga liat dia..cari jalur sendiri..mpe ditarik finnya.. :P (sori,beib..!!!)

tapi one thing...bener-bener pantes untuk dicoba tulamben.. oh ya, operator dive disana yg sangat-sangat direcommended untuk dipakai dan dipercayai namanya PURI MADHA
coba lah untuk diving di tulamben..bener-bener patut untuk dicoba..

have a nice holiday..

BALI.. boleh lahh...worth it...

klo yang mau reserved tempat di sana untuk diving,bisa contact aku di 08192100566

harganya murah (harga diupdate 01 januari 2009)
untuk 1x dive Rp. 350.000 (pemula)
untuk 1 x dive Rp.300.000 (shipwreck)
untuk 2x dive Rp.500.000 (shipwreck,drop off)
untuk 3x dive Rp. 750.000 (shipwreck,coral garden,drop off)
untuk 4x dive Rp.1.000.000 (shipwreck2x,coral garden, drop off)
+ senter 50rb/org

penginapan di tulamben
* fan Rp.100.000
* AC Rp. 300.000 - 400.000

so...hubungi aja ya..pasti dibantu..!!!

salam bali..

gambatee

2 comments:

Nita said...

mohon info untuk penginapan nya donk..

Orchid Tour Travel said...

buat NITA,

penginapan di tulamben, yg aku tau cuma di Puri Madha. itu nomer telfonnya ada di blogs aku. hubungi aja kesana. coba cek harganya brp?.

thanks.