27 March 2008

02. sadness side in bali


dibalik senyum dan tertawa, ternyata banyak hal yg tidak pernah kita tahu tentang mereka..
foto ini diambil di jimbaran , 4 dec'07
kedua laki-laki ini kerja di nusa dua..di pandawa marine adventures, satu sebagai instructor diving, satu seorang instructor banana boat.

Sisi sedih yang ada di bali... banyak org yg mengira kalau kehidupan di bali itu cukup menyenangkan dan FUN... at least,mereka tidak pernah berpikir..kalo bali punya satu sisi, dimana tidak semua orang menyadari hal tersebut. aku pengen cerita tentang bbrp hal yang ada di bali.. pasca BOM BALI I dan BOM BALI II...BALI mati..yupe..kehidupan perekonomian di bali bener-bener mati.. tidak ada yang datang dan membuang duitnya kesana.. tidak ada yang tau, seberapa sengsaranya orang yang tinggal di bali saat itu.. banyak yang di PHK dan banyak yang menutup usahanya dan banyak yang tidak makan dan banyak yang menderita... bali pernah sombong dengan turis lokal..mungkin karena turis lokal kurang menghasilkan uang dan banyak maunya.. tetapi sekarang..turis lokal sangat2 dihargai... i want ur money..so i'll service u..said like dat lah.. banyak kehidupan di bali yang tidak pernah terekspos media manapun.. apa ada yang tau kalo ternyata beach boy di bali itu harus hidup sebagai gigolo/simpanan hanya untuk menghidupi keluarga dan adek2nya?? pekerjaan mereka yang penuh dengan risk tidak sepadan dengan gaji yang diberi..untuk seorang instruktur banana boat..gaji sebulan hanya berkisar 400rb-500rb..untuk seorang instruktur diving hanya 750.000 sebulan..instruktur flying fish yang resikonya nyawa,bergelantungan diatas boat menerbangkan bannya..wth, with dis.. nyawa resikonya..dan harganya sangat murah..

seperti yang kita tahu image beach boys di bali sangat2 jelek dimata public..tetapi banyak yg datang kebali hanya utk mencari mereka.. kepuasan dalam berhubungan sex, party, romantisan hanya dalam hitungan hari dan dihargai dengan uang..itu yang dicari orang-orang yang datang ke sana..bahkan sudah tidak ada lagi yang namanya jatuh cinta dan punya hubungan serius lagi di mereka.. banyak yang pernah jatuh cinta..dengan tamunya..tapi..banyak juga yang harus menerima kenyataan kalo mereka tidak pantas untuk dikhususkan.. ada temen aku yg jadi beach boy di nusa dua.. dia bilang " daripada tidak bisa bayar kos, knp ga ML ama tamu yang mau bayarin dia" seee....omg...i cant do anything..i just want criedddd... hidup mereka cukup susah..dan tidak ada yang pernah mencoba menganalisa..kenapa itu bisa terjadi.. dengan jumlah keluarga yang cukup banyak anaknya...10bersaudara dan laki2 semua..dia jadi tulang punggung keluarga..gmn bisa,..gaji cuma 750rb..paling ditambah tips..halah..logika aja... gmn caranya supaya mereka bisa diperhatikan kesejahteraannya??? come on..jangan mandang remeh mereka ya... mereka juga manusia dan butuh perhatian..

UMR di bali juga sangat rendah hanya berkisar sekitar 700rb/bulan...sapa yang bilang kerja di bali enak,banyak uang..gak semuanya bener, cari uang disana sangat susah..tapi pada umumnya anak2 disana tidak mau pusing dengan itu.. mereka cukup menikmati kehidupan mereka..

jadi,jangan pernah takut dengan anak2 pantai..mereka akan sopan klo kita juga menjaga tingkah laku kita...sayangi mereka juga...

salam bali

No comments: